Beberapa Tips dan Strategi Untuk Menentukan Biaya Pengiriman

Table of Contents

Pada zaman sekarang ini bisnis online sangat banyak digunakan oleh para pebisnis untuk meningkatkan penjualannya. Hal ini menyebabkan pengiriman barang menjadi suatu hal yang penting dalam rantai jual beli online. Untuk membuat bisnis kamu semakin berkembang maka perlu dilakukan strategi dalam menentukan ongkos kirim atau biaya pengiriman.

Hal ini dilakukan karena pembeli akan mempertimbangkan besarnya biaya pengiriman dalam menentukan akan membeli sebuah barang atau tidak. Dengan seperti itu, kamu tidak bisa sembarangan menentukan ongkos kirim. Biaya pengiriman yang terlalu tinggi akan membuat pembeli kamu membandingkan dengan pesaing produk yang dapat memberikan harga yang lebih murah.

Sedangkan memberikan biaya pengiriman yang terlalu murah bisa mengakibatkan pemotongan keuntungan yang terlalu banyak sehingga akan menyebabkan kerugian. Hal ini membuktikan bahwa strategi untuk menentukan biaya pengiriman sangat diperlukan karena berpengaruh besar dalam keuntungan bisnis kamu.

Strategi untuk menentukan ongkos atau biaya pengiriman barang

  • Tentukan berat barang

Berat barang menjadi faktor penentu pertama yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan biaya pengiriman. Berat barang ini dapat diukur dengan dua cara yaitu dengan berat aktual atau dengan berat dimensi.

Berat aktual merupakan berat paket yang dibulatkan ke kg berikutnya. Misalnya barang kamu ketika ditimbang mempunyai berat 2,8 kg, maka akan dibulatkan menjadi 3 kg. Sedangkan berdimensi merupakan ukuran kepadatan pengiriman. Cara menghitungnya yaitu dengan mengalikan panjang, lebar, serta tinggi ukuran paket kemudian dibulatkan hingga menjadi sentimeter terdekat.

Kamu dapat menentukan biaya pengiriman dengan mempertimbangkan berat aktual serta berdimensi paket barang yang akan kamu kirim. Pastikan pengukuran berat ini aktual serta akurat sehingga pembeli tidak merasa dicurangi.

  • Perhitungkan biaya tambahan

Biaya tambahan yang diperlukan selama proses pengemasan barang juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penentuan biaya pengiriman. Biasanya, jenis bahan yang digunakan untuk pengemasan barang turut berpengaruh menambahkan biaya tambahan. Contohnya, kamu menjual lukisan dengan pengirimannya harus menggunakan kayu, tentunya hal tersebut membutuhkan biaya tambahan. Kamu dapat memberikan penjelasan mengenai biaya tambahan ini sehingga pembeli tidak bingung serta bisa memahami biaya pengiriman yang bertambah daripada biasanya. Selain itu juga, dengan menghitung biaya tambahan ini, kamu telah meminimalisir kerugian karena biaya kirim yang terlalu kecil.

  • Pilihan metode pengiriman

Faktor lain yang menjadi penentu biaya pengiriman merupakan Metode yang digunakan. Terdapat empat metode yang dapat dipilih yaitu melalui darat, laut, udara, dan atarmoda. Pengiriman melalui darat biasanya merupakan bentuk yang paling murah. Pengiriman melalui laut biayanya lebih mahal dibandingkan darat serta biasanya digunakan untuk pengiriman internasional serta ke daerah Pedalaman. Pengiriman melalui udara adalah yang paling mahal karena secara waktu tempuh juga paling cepat dibandingkan dengan yang lainnya. Pengiriman melalui udara ini menggunakan pesawat kargo serta pesawat penumpang bagian kompartemen bagasi. Yang terakhir yaitu pengiriman menggunakan antarmoda. Pengiriman ini menggabungkan beberapa metode pengiriman serta mengacu pada kontainer khusus yang dapat ditransfer secara efisien antar kapal, Kereta api, dan truk.

  • Melakukan perbandingan dengan pesaing bisnis

Kamu perlu melakukan semacam survei terhadap pesaing bisnis kamu sehingga dapat menentukan biaya pengiriman yang tidak berbeda jauh. Apabila biaya pengiriman barang kamu terlalu tinggi maka pembeli pun akan memilih produk pesaing. Maka dari itu, sebelum menentukan biaya pengiriman, pastikan kamu telah membandingkan dengan yang lain. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan karena meski barang kamu lebih murah tapi apabila ongkos kirim berbeda jauh dari pesaing maka pembeli akan berfikir dua kali untuk menjadi setia.

  • Petakan lokasi pelanggan

Strategi lain yang dapat dilakukan yaitu dengan memetakan lokasi pelanggan kamu. Buatlah persentase, berapa banyak pelanggan domestik serta berapa banyak yang internasional. Hal ini akan membuat kamu memilih lebih cermat layanan pengiriman yang mana untuk digunakan secara reguler. Pelanggan tertentu juga mau membayar biaya pengiriman yang lebih tinggi asal barang lebih cepat sampai, tapi terkadang lokasi pengantaran tidak memungkinkan seperti lokasi terpencil. Untuk itu, kamu harus cermat memetakan lokasi pelanggan sehingga tidak salah memilih layanan pengiriman.

  • Pertimbangkan memberi biaya kirim gratis

Apabila bisnis kamu terdapat pada sektor persaingan yang sangat ketat, kamu dapat mempertimbangkan memberikan layanan gratis Ongkirnya. Hal ini sangatlah efektif apabila produk yang kamu jual mempunyai margin keuntungan yang tinggi misalnya perhiasan emas atau elektronik. Dengan begitu kamu bisa memotong keuntungan untuk menutup biaya pengiriman barang. Tapi, apabila margin keuntungan kamu rendah seperti hanya menjual kaos ajaran, maka strateginya yaitu membuat gratis biaya pengiriman sekali saja. Kamu dapat melakukannya sebulan sekali atau di saat terdapat ada event khusus.



Kamu bisa mencoba Accurate Online secara GRATIS selama 30 hari hanya                                                       Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai Accurate Online, silahkan hubungi Marketing Representative di bawah ini:                                                                Nama  : Hasnan                                                                                                                                                                  No Hp : 0896 6813 4875


Leave a Reply

Your email address will not be published.